Wisata Curug Cigamea, Bogor, Jawa Barat

Posted By: Unknown - 09.10.00

Curug atau yang kita kenal Air Terjun merupakan salah satu wisata alam yang bisa membuat perasaan kita menjadi tenang, nyaman, dan segar kembali, di saat diri kita sedang bergelut dengan banyak masalah atau penat. Wisata curug bisa kita jumpai kapan saja jika kita memiliki waktu luang. Salah satu wisata curug yang mudah kita kunjungi khususnya di daerah Bogor adalah curug Cigamea.
dua buah Curug Cigamea
Curug Cigamea adalah salah satu tempat wisata air terjun yang mudah ditempuh oleh banyak orang. Curug Cigamea merupakan salah satu obyek wisata alam air terjun bagian dari Gunung Salak Endah. Curug Cigamea terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Bogor.

Untuk sampai ketempat ini bagi yang belum tahu jalannya memang sangat melelahkan. Namun, ketahuilah rasa lelah itu akan terbayar sesampainya di Air Terjun tersebut. Hembusan percikan air terjun yang begitu deras, serta kicauan-kicauan burung di atas pepohonan membuat suasana semakin romantis untuk menikmati alam disekitar Cigamea.

Berendam di Curug Satu Cigamea
Apakah Curug Cigamea bisa untuk berendam? Tentu saja bisa. Curug Cigamea memiliki dua buah curug. Masing-masing curugnya ini memiliki karakteristik atau ciri khas masing-masing. Pada air terjun pertama dekat jalan masuk, terdapat air terjun dengan karakteristik bertebing curam dan menyerupai dinding yang berlapis batu hitam. Sedangkan Air Terjun kedua disamping bawah Air Terjun pertama, terdapat Air Terjun yang berkarakteristik berdinding cokelat dan hitam dengan kolamnya yang kehijauan. Pada kedua air terjun ini kita dapat berendam di dalam kolamnya. Namun pada kolam Air Terjun kedua masyarakat yang berkunjung dilarang terlalu ke tengah berenang karena ada pembatas yang bertulis bahwa “bagian tengah ini dalam”.

Berendam di Curug ke dua Cigamea
Menurut tukang foto keliling yang berkerja di sana, Curug Cigamea ini cukup popular daripada curug-curug lain yang ada dikawasan Gunung Salak, dan curug ini dikenal dengan Air Terjun Bidadari. Curug Cigamea memiliki dua buah air terjun yang masing-masing memiliki ketinggian 30 meter dan 50 meter.

Ada pun fasilitas yang ditawarkan pada wisata Curug Cigamea, seperti hotel, tempat mandi atau toilet untuk berbilas, tempat rumah makan untuk sekadar kopi, teh atau makan indomie. Untuk memesan kopi kita dapat membayar Rp.5.000/ gelas, dan untuk indomie hanya cukup membayar Rp, 10.000/porsi.

Rute menuju lokasi wisata Curug Cigamea ini sebenanrnya sangat mudah. Apabila Anda memulai perjalanan dari Parung, Anda hanya berjalan lurus hingga sampai ke belokan Semplak Bogor dan berjalan menuju arah kampus IPB, dari IPB Anda dapat terus menuju jalur Cempalng (Cibungbulang)-Pamijahan-Salak Endah. Jarak tempuh yang diperlukan jika naik motor hanya 2 jam dengan kecepatan 60 km.

berhenti foto sejenak dengan alam
Untuk keadaan jalan memasuki wisata Salak Endah cukup bagus. Sepanjang jalan sudah beraspal. Namun besar jalan tidak begitu besar, sehingga perlu hati-hati untuk membawa kendaraan. Perjalanan dari gang menuju ke wisata Salak Endah memakan jarak tempuh kurang lebih 15-20 km. memang sungguh panjang perjalanan, tapi jangan khawatir, selama perjalanan dikawasawan ini Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar, seperti menikmati rumah-rumah warga yang unik, melihat-melihat villa untuk penginapan, dan pemandangan pegunungan yang masih alami dan sawah-sawah yang hijau menyegarkan menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Anak Tangga Cigamea
Sedangkan untuk kondisi jalan dari parkiran Curug Cigamea ke Curug itu sendiri juga sangat aman. Di sini pengunjung dapat berjalan melewati seratus anak tangga yang sudah diblok dan tersusun rapih ditambah dengan pegangan tangga itu sendiri. Jarak dari parkiran ke Curug Anda hanya perlu berjalan selama 15 menit itu pun jika Anda tidak berhenti untuk istirahat sebentar hehe…

Untuk tiket masuk Anda perlu membayar dua kali. Pertama pintu masuk besar untuk biaya kendaraan yang dikenakan 10.000/motor. Namun hati-hati terkadang sada sedikit orang usil yang menembak harga bisa 20.000/motor karena satu motor 2 orang. Pembayaran kedua juga dikenakan biaya parker 4.500/motor, dan biaya masuk 6.000/orang. Awalnya saya juga kaget ada lagi biaya masuk 6.000/orang. Tapi yasudahlah tujuan saya untuk berwisata jadi semua itu saya nikmati saja, karena hasilnya juga sangat memuaskan. Curug tersebut tidak mengcewakan untuk dikunjungi. Jadi yang merasa stres tapi gak ada waktu panjang buat liburan, bisa kok ke curug ini. Karena curug ini juga indah untuk dinikmati..Bule-bule aja pada berkunjung masa kamu ngga sih yang orang Jakarta dan sekitarnya hehe… (MRU)

Another Picture at Curug Cigamea

Tangga Cigamea
di foto tukang foto keliling hehe





bermain air bahagianya teman











About Unknown

Saya hanyalah Blogger Traveler yang suka melanglang buana mencari tempat yang bisa menjadi bahan inspirasi dalam setiap penulisannku.
Salam
Maharani R.U

3 komentar:

  1. suruh pasang sendiri aja Ki, biar dapet duitnya lebih gede......modus.

    BalasHapus
  2. Kalau boleh tau, kesana bawa motor jalan nya ada tanjakan ga?

    BalasHapus
  3. Minta mah sama Allah yang ngidupin loe sama matiin loe bukan minta sama ciptaanya juga yang bakal mokat sama kaya loe.wasalam

    BalasHapus

Copyright © Cerita Rakyat Biasa

Designed by