TIPS LIBURAN MURAH DAN MENYENANGKAN KE BROMO

Posted By: Unknown - 00.00.00



Hay guys, saya ingin share tips liburan murah dan menyenangkan untuk perjalanan ke Bromo. Hal ini saya tulis karena setelah saya pulang dari Bromo banyak teman yang bertanya “Lo kesana abis berapa budget? Terus naik jeepnya berapaan? Penginapannya bagaimana harganya juga?”.  Perlu Anda ketahui, saya ke sana tidak menghabiskan banyak uang. Bahkan saya dan teman-teman hanya menghabiskan uang sekitar Rp. 1.100.000/orang untuk 2 hari 1 malam di Bromo dan 2 hari 1 Malam di Kota Malang. Itu pun termasuk ongkos uang pergi dan pulang ke Jakarta. Mungkin bagi Anda yang belum pernah ke sana dan mendengar cerita orang lain yang berwisata ke sana abis biaya sangat mahal, sehingga Anda merasa ragu untuk pergi ke sana. Okey, berikut ini tips wisata murah ke Bromo yang boleh Anda coba ketika ingin berlibur ke sana:

1.  Persiapan Liburan ke Bromo
Semua hal butuh persiapan, begitu juga dengan rencana liburan ke Bromo juga harus dipersiapkan selengkap mungkin. Jaket tebal, kupluk, sarung tangan, dan masker menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan matang seblum Anda berangkat ke sana. Jika Anda tidak punya perlengkapan seperti yang saya sebutkan, Anda dapat meminjam sama teman Anda atau saudara Anda yang hobi naik gunung, biasanya mereka memiliki perlengkapan yang lebih lengkap. Jika Anda tidak mau meminjam jauh-jauh hari Anda bisa menyicil untuk membeli perlengkapan tersebut. Hindarkan beli di tempat tujuan, karena harga biasanya bisa diapsang lebih tinggi dari harga aslinya. Selain itu Anda juga harus tahu tempat wisata mana saja yang akan menjadi tujuan liburan di kawasan Wisata Bromo Tengger Semeru. Hal ini untuk memperkirakan berapa pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk wisata Bromo.

2.  Pilihlah kereta api jangan pesawat
Tips liburan hemat ke Bromo selanjutnya adalah rajin-rajin mencari infromasi harga tiket yang murah. Biasanya harga tiket kereta lebih murah dari pesawat. untuk itu saya sarankan pilihlah kereta api saja. Utnuk kereta api juga ada 3 kelas, yaitu executive, bisnis, dan ekonomi. Untuk menghemat biaya, biasanya kereta kelas Ekonomi menjual tiket kereta seharga Rp. 65.000,-. Jika Anda mengecek harga tersebut masih ada yang kosong atau belum dibooking, maka segeralah Anda booking untuk pemesanan tiket berangkat dan pulang. Pemesanan tiket kereta bisa dipesan dari jauh-jauh hari. Ingat jangan malas untuk segera memesan tiket harga murah, karena jika telat beberapa jam atau hari jangan harap Anda masih bisa kebagian tiket tersebut. Tiket menjadi salah satu yang berpotensi menguras anggaran, dengan adanya tiket murah sudah tentu dapat banyak membantu Anda.

3. Ajak teman-teman sebanyak mungkin
Ajak teman sebanyak mungkin membuat biaya liburan Anda semakin murah. Ada beberapa biaya yang bisa dibagi seperti sewa jeep, biaya tiket masuk wisata dan penginapan.

4.  Sistem Patungan
Sistem Patungan ini merupakan salah satu tips hemat untuk liburan Anda. Jika Anda pergi ke Bromo dengan teman-teman Anda, kumpulkanlah uang Rp. 500.000/orang. Bayangkan jika Anda pergi bertujuh Anda kalikan saja 6 x 500.000= 3.000.000. Hasil dari patungan Anda dan teman-teman tersebut dapat Anda gunakan untuk menyewa jeep, penginapan, beli makanan, dan membayar tiket masuk wisata.

5.   Sewa Jeep
Ada berbagai biaya yang ditawarkan untuk penyewaan Jeep. Hindari calo yang menawarkan jeep, karena biasanya calo tersebut hanya menawarkan untuk sehari full menikmati Bromo saja tanpa jalan-jalan ketempat lain seperti rafting, atau pun ke Coban pelangi. Untuk calo jeep terkadang juga tidak menawarkan penginapan dikawasan Bromonya. Untuk itu, jika Anda bingung mencari jeep pergilah ke pos atau terminal jeep perhutani di desa Tumpang. Jeep yang ditawarkan di sana cukup murah dan kita dapat menginap 2 hari 1 malam di kawasan Bromo+jalan-jalan ketempat wisata yang ada di sana mulai dari turun di Bukit Teletubies, Pasir berbisik, penanjakan sunrise, penanjakan kawah bromo, rafting, dan wisata air terjun. Tapi ingat biaya jeep ini hanya untuk jeep menyewa saja dan tidak termasuk biaya untuk pembayaran penginapan maupun uang masuk tiket wisata.

6.  Hotel atau Penginapan Murah
Selanjutnya adalah mencari tempat menginap yang murah di daerah Wisata Bromo. Untuk apa sewa hotel mahal tapi waktu kita habis untuk jalan-jalan. Nah, untuk itu Anda jangan sungkan untuk bertanya atau mendekatkan diri dengan guide jeep yang Anda tumpangi dan bertanya-tanya adakah home stay yang murah. Jangan lupa sebelum menyewa penginapan sebaiknya bandingkan terlebih dahulu dengan homestay lainnya di kawasan Bromo yang ditawarkan oleh para penduduk lokal.

7.      Makanan
Pengeluaran untuk makan adalah paling utama saat berlibur. Apalagi jika ke Bromo, udara dingin membuat nafsu makan bertambah. Untuk menghemat biaya perjalanan Anda, Anda dapat membeli makanan yang tidak mahal seperti nasi pecel, sate, dan nasi rames merupakan salah satu makanan yang murah di sana. Hindari makanan café atau restoran yang ada. ^_^

Demikianlah tips liburan murah ke Bromo ini, semoga bisa menjadi panduan liburan hemat ke Bromo Anda nanti.

About Unknown

Saya hanyalah Blogger Traveler yang suka melanglang buana mencari tempat yang bisa menjadi bahan inspirasi dalam setiap penulisannku.
Salam
Maharani R.U

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Cerita Rakyat Biasa

Designed by